Blog & Berita
Seputar Teknologi dan Informasi.

Kegunaan SSL Pada Website

Hosting & Domain

Kegunaan SSL Pada Website

Hosting & Domain

Menjadi sebuah keharusan untuk menjaga keamanan website secara online. Merupakan sebuah kewajiban dari seorang pengelola website yang dikelola secara personal maupun secara korporat. Sama halnya ketika Anda mempunyai sebuah rumah, yang harus dijaga keamanannya secara fisik. Hal tersebut tidak hanya membuat Anda merasa aman sebagai pemilik rumah. Tetapi juga merasa melindungi mereka yang sedang atau sudah berkunjung ke rumah Anda. Dan visitor web ataupun customer Anda juga harus merasa aman ketika sedang melakukan akses atau sedang mengunjungi website milik Anda. Tentu saja hal tersebut merupakan kegunaan SSL jika Anda terapkan pada website.

Pengertian dan Kegunaan SSL

SSL yang tertera pada SSL Certificate adalah sebuah singkatan yang berasal dari “Secure Socket Layer”. Yang mana SSL adalah sebuah teknologi yang telah menyediakan link session yang sudah tentu aman bagi para pengunjung atau web visitor dari sebuah browser dan juga website Anda. Hal tersebut akan berpengaruh pada semua komunikasi yang sudah terjadi akan bisa ditramisi melalui enkripsi sehingga nantinya komunikasi akan aman dari ancaman pihak ketiga. Kegunaan SSL yang lain adalah dapat melakukan transmisi untuk keseluruhan secure email, files dan juga macam-macam bentuk informasi yang perlu diamankan.

Fungsi SSL

Memang sebuah SSL Certificate adalah bentuk digital computer sebuah file yang berupa potongan kode yang mempunyai dua fungsi, yaitu:

Kegunaan SSL, Authentication and Verification

SSL terdiri dari informasi tentag sebuah keaslian yang berasal dari detail yang ada pada informasi identitas seseorang, sebuah bisnis tertentu ataupun sebuah website. Jika sudah dinyatakan aman, maka akan ditampilkan pada web visitor Anda melalui sebuah padlock symbol atau gambar gembok atau bisa juga ditampilkan melalui trust mark pada sebuah browser. Sedangkan kriteria yang digunakan pada Certificate Authorities adalah apakah sebuah SSL Certification sudah masuk dalam Extended Validation (EV), sehingga SSL Certification paling terpercaya.

Kegunaan SSL, Data Encryption

Sebuah SSL Certificate nantinya akan dapat melakukan encryption yang mana keseluruhan informasi yang masuk dalam golongan data sensiti akan ditukarkan melalui sebuah website yang ada sehingga tidak dapat diintervensi atau dibaca oleh para pihak ketiga. Pihak ketiga disini merupakan pihak yang tidak seharusnya memantau penukaran pesan atau informasi yang akan dilakukan, tentu saja selain penerima yang sudah diharapkan oleh pengirim.

Sebagai contoh pada kehidupan sehari-hari, dimana sebuah paspor atau dokumen yang isinya mengenai identitas Anda. Data tersebut sudah pasti hanya akan dikeluarkan dengan resmi oleh para pihak yang berwenang seperti pejabat yang berwenang atau sebuah instansi pemerintahan. Karena selain sumber tersebut, maka untuk keasliannya akan diragukan. Dengan kata lain, sebuah SSL Certificate akan bisa diandalkan kredibilitasnya ketika dikeluarkan oleh Certificate Authority (CA) yang sudah terpercaya. Sebagai informasi, saat ini ada 3 CS besar yang sudah mengeluarkan ¾ sertifikat SSL yang sudah tersebar di seluruh dunia, diantaranya Comodo, Symantec dan juga GoDaddy. CA tersebut juga harus mengikuti aturan dan juga mempunyai kebijakan yang sangat ketat yang telah terstandard tentang siapa atau website mana yang sudah layak dan tidak layak untuk mendapatkan SSL Certificate.

Kegunaan SSL Certificate (Secured Socket Layer)

Yang harus diketahui oleh pengguna hosting adalah SSL merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Secured Socket Layer. Yang menjadi sebuah standart internet dalam melakukan pengamanan koneksi antar server dari website dan juga browser. Lewat hal tersebut, keseluruhan data yang melewati link yang akan diamakan oleh SSL nantinya akan dienskripsi sebelum melakukan sebuah transmisi yang ada di internet.

Dalam pemasangan SSL, pengguna hosting Indonesia yang nantinya akan melakukan sebuah transmisi data seperti pada informasi nama pengguna, password, kartu kredit, debit dan juga informasi penting lain yang sifatnya sensitive akan aman. Karena kegunaan sertifikat SSL adalah untuk mengamankan data lewat situs web, sehingga nantinya terbebas dan juga aman dari berbagai serangan hacker.

Kegunaan SSL untuk Website Milik Anda

Dengan memutuskan untuk menggunakan SSL, nantinya pengguna hosting akan bisa merasakan adanya banyak benefit, antara lain:

  • Dapat meningkatkan seluruh kepercayaan dari pengunjung atau visitor situs. Apalagi jika situs tersebut yang Anda bangun degan menggunakan website adalah sebuah toko online, tentu saja akan membuat seluruh pengunjung aman ketika akan melakukan seluruh transaksi.
  • SSL juga bekerja dalam mengamankan transaksi yang ada di dalam sebuah website lewat enkripsi yang sudah teruji kuat, dan akan menjadikan data dari sebuah kartu kredit dan password Anda akan aman.
  • Menjadikan sebuah website SSL atau HTTPS mendapatkan rangking SEO yang jauh lebih baik pada pencarian google jika dibandingkan dengan website lain yang terbukti tidak diamankan oleh SSL.
  • Pengguna web hosting nantikan boleh menampilkan SSL Secured Seal yang ada didalam sebuah website. Dimana SSL tersebut merupakan sebuah tanda yang bisa ditunjukkan kepada pelanggan atau visitor jika situs tersebut sudah terproteksi atau terlindungi oleh SSL.
  • Dapat meningkatkan transaksi penjualan yang ada didalam sebuah website. Hal ini dikarenakan tingkat kepercayaan konsumen yang terbukti tinggi terhadap keamanan situs yang Anda punya.

Jenis SSL Certificate

Berikut ini terdapat sejumlah SSL Certificate yang berbeda dipasaran, diantaranya:

  • Jenis pertama dari SSL Certificate merupakan sebuah certificate yang ditanda tangani sendiri. Sama dengan namanya, hal ini merupakan sebuah sertifikat. Yang berhasil dihasilkan dalam rangka keperluan internal dan juga tidak dikeluarkan oleh CA. Oleh karena itu, pemilik situa akan membuat sertifikat mereka sendiri. Dengan kata lain, kualitasnya tidak akan sama dengan SSL Certificate yang sudah terotentifikasi dan juga terverifikasi yang sudah dikeluarkan oleh CA.
  • Domain Validated Certificate seringkali dianggap sebagai SSL Certifikate pada tingkat pemula dan dapat dikeluarkan dalam waktu yang cepat dan mudah. Satu-satunya pemeriksanaan verifikasi yang dilakukan dengan memastikan bahwa pemohon mempunyai sebuah domain. Atau alamat website yang mana memang sudah berancana akan diterapkan SSL Certificate. Tentunya tidak ada pemeriksaan yang nantinya akan dilakukan sebagai tambahan. Agar dapat memastikan apakah pemilik domain mempunyai sebuah bisnis yang sudah valid dan juga sesuai dengan standar.
  • Fully Authenticated SSL Certificate merupakan sebuah langkah pertama agar bisa mendapatkan keamanan. Secara online maksimal agar bisa membangun kepercayaan klien Anda. Meskipun waktu yang dibutuhkan sangat tidak sedikit demi bisa mengeluarkan sertifikat tersebut. Tetapi SSL certificate tersebut dapat diberikan kepada perusahaan yang sudah melalui sejumlah prosedur validasi. Dan juga pemeriksaan dalam rangka mengkonfirmasi dimana letka keberadaan bisnis yang Anda jalankan. Kepemilikan dari sebuah domain dan juga wewenang pengguna agar dapat mengajukan sertificate.

Sangat penting bagi Anda agar bisa memahami resiko yang berkaitan dengan web security Anda. Apalagi diera digital ini, teknologi sudah berkembang secara pesat. Dan sangat tidak mudah agar bisa mengikuti seluruh perkembangan terbaru dan berbagai kemajuan apa yang sudah ada saat ini. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.